PERBEDAAN PENGARUH METODE DRILL JARAK SERVIS TETAP DAN JARAK SERVIS BERBEDA TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS ATAS FLOATING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA ATLET PUTRA KLUB BOLA VOLI DIVKRA KARANGANYAR TAHUN 2021

Insan Rahmad Muttaqin, D0217098 (2022) PERBEDAAN PENGARUH METODE DRILL JARAK SERVIS TETAP DAN JARAK SERVIS BERBEDA TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS ATAS FLOATING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA ATLET PUTRA KLUB BOLA VOLI DIVKRA KARANGANYAR TAHUN 2021. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi Insan Rahmad D0217098 edit.pdf

Download (848kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode drill jarak servis tetap dan jarak servis berbeda terhadap keterampilan servis atas floating dalam permainan bola voli pada atlet putra Klub Bola Voli Divkra Karanganyar Tahun 2021 dan untuk mengetahui metode manakah yang lebih baik pengaruhnya terhadap servis atas floating dalam permainan bola voli. Jumlah populasi atlet putra Klub Bola Voli Divkra Karanganyar Tahun 2021 adalah 40 orang atlet. Untuk sampelnya berjumlah sebanyak 30 atlet dengan teknik pengambilan menggunakan purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah metode drill jarak servis tetap dan jarak servis berbeda adalah variabel bebas dan keterampilan servis atas floating dalam permainan bola voli adalah variabel terikat. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Keterampilan Bola Voli (Depdiknas :1999). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji reliabilitas dan uji prasyarat analisis dengan langkah-langkah analisis data. Cara mengambil data dalam penelitian ini adalah menggunakan pre test dan post test untuk mengambil penilaian dari tes awal dan tes akhir kelompok 1 dan kelompok 2 yang melakukan praktek latihan servis atas floating dalam permainan bola voli. Hasil analisis data yang di peroleh, maka kesimpulannya adalah : (1) Metode drill jarak servis tetap dan jarak servis berbeda berpengaruh terhadap peningkatan hasil keterampilan servis atas floating. Hal ini dibuktikan dari hasil tes awal dan tes akhir pada tiap-tiap kelompok yaitu : kelompok 1 (kelompok dengan metode drill jarak servis tetap) memperoleh hasil = 4,355, sedangkan ttabel = 2,145, pada kelompok 2 (kelompok dengan metode drill jarak servis berbeda) memperoleh hasil = 2,220, sedangkan ttabel = 2,145. (2) Metode drill jarak servis tetap lebih baik pengaruhnya dari pada metode drill jarak servis berbeda terhadap peningkatan hasil keterampilan servis atas floating. Hal ini dibuktikan dengan Kelompok 1 memiliki nilai persentase hasil keterampilan servis atas floating sebesar 18%, sedangkan kelompok 2 memiliki nilai persentase peningkatan hasil kemampuan keterampilan servis atas floating sebesar 1.97%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan > Kepelatihan Olahraga
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:41
Last Modified: 06 Sep 2023 08:01
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item