PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI SIBELA TIMUR MOJOSONGO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

LINDA RETNASARI, D0315008 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Rika Yuni A. S.Pd. M.Pd, NIPY : 150347 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI SIBELA TIMUR MOJOSONGO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
ARTIKEL LINDA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada siswa kelas IIIB SD Negeri Sibela Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas IIIB SD Negeri Sebela Timur yang terdidri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kinerja peneliti dalam proses pembelajaran setelah diadakannya tindakan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya rata-rata kinerja peneliti pada prasiklus sebesar 2,00 dengan kategori kurang, pada siklus I yang mana dalam pembelajaran peneliti menggunakan Model Pembelajaran Langsung, maka terjadi peningkatan kinerja peneliti menjadi 3,00 dengan kategori Baik , dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 3,32 dengan kategori sangat baik. Dengan peningkatan keterampilan menulis karangan siswa juga di tunjukan oleh nilai rata-rata pada Isi/Subtansi karangan pada prasiklus sebesar 44 ,sedangkan pada siklus I meningkat lagi menjadi 83, dan pada Siklus II meningkat Lagi menjadi 98.bentuk karangan pada prasiklus sebesar 52 ,sedangkan pada siklus I meningkat lagi menjadi 68, dan pada Siklus II meningkat Lagi menjadi 91. Tata Bahasa pada prasiklus sebesar 50 ,sedangkan pada siklus I meningkat lagi menjadi 77, dan pada Siklus II meningkat Lagi menjadi 93. Gaya karangan pada prasiklus sebesar 52,sedangkan pada siklus I meningkat lagi menjadi 73, dan pada Siklus II meningkat Lagi menjadi 94. Ejaan & tanda baca pada prasiklus sebesar 50,sedangkan pada siklus I meningkat lagi menjadi 85, dan pada Siklus II meningkat Lagi menjadi 94. Nilai tersebut sudah mencapai nilai ketuntatasan yang telah ditentukan oleh peneliti. Penggunaan model pembelajaran langsung tepat diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan sederhana yang berdampak pada peningkatan kinerja peneliti dan keterampilan menulis karangan sederhana oleh siswa kelas IIIB SD Negeri Sibela Timur.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran langsung, keterampilan menulis karangan sederhana.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 26 May 2023 04:25
Last Modified: 26 May 2023 04:25
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item