UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SD N 02 GAWANAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

INTAN SARAHWATI, D0315016 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin PBS., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SD N 02 GAWANAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Artikel skripsi.pdf

Download (145kB)

Abstract

Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan salah satu disiplin ilmu yang berhubungan dengan cara mencari tau tentang alam secara sistimatis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan, kumpulan pengetahuan fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip prinsip saja. Tapi pada kenyataanya sampai saat ini dalam pembelajaran IPA siswa hanya bisa menghafal konsep yang dipelajarinya, tetapi siswa kurang mampu untuk menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dimanfaatkan. Metode demonstrasi merupakan cara mengajar yang mana seorang guru memperlihatkan kepada seluruh siswa suatu benda asli, benda tiruan atau suatu proses. Dengan metode demonstrasi proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna. Siswa juga dapat mengamati dan memperhatikan guru selama proses mengajar berlangsung dan bila siswa melakukan sendiri demonstrasi tersebut, maka ia dapat mengerti juga cara menggunakan alat atau perkakas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas III SD N 02 Gawanan tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang materi energi ?. Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah :Untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas III SD N 02 Gawanan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun tekhnik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas III SD N 02 Gawanan. Sedangkan observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang pembelajaran IPA, respon siswa, keadaan siswa, guru dan karyawan, serta sejarah, sarana dan prasarana sekolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti dari nilai hasil tes yang menunjukan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar, mulai dari pra siklus rata-ratanya sebesar 64,78 dengan ketuntasan belajar 34,78% dan pada siklus I sebesar 69,78 dengan ketuntasan belajar 56,52 %, dan pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 79,34 dengan ketuntasan belajar 82,60%. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan penerapan metode demonstrasi akhirnya dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD N 02 Gawanan terhadap materi sumber energi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:31
Last Modified: 05 Jun 2023 06:31
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item