PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 BOLONG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

TITI ROYANI, D0314024 and Pembimbing 1 Drs. Soekirno, M.Pd, - and Pembimbing 2 Luncana Faridhah Sasmito, M.Pd, NIDN. 0615099001 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 BOLONG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
ARTIKEL TITI.pdf

Download (355kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Bolong Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas IV SD Negeri 01 Bolong yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interatif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil presentase hasil kinerja guru selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor pada tiap siklusnya, yaitu pada pra siklus nilai rata-rata skor yang diperoleh guru adalah 51% meningkat menjadi 74% pada tindakan siklus I kemudian menjadi 92% pada tindakan siklsu II. Peningkatan kinerja guru maka berdampak pada aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan pada pra siklus nilai rata-rata 21,73% meningkat menjadi 37,67% pada tindakan siklus I dan meningkat menjadi 43,46% pada tindakan siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa maka berdampak pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada pra siklus nilai rata-rata 56,62 meningkat menjadi 63,91 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 76,95 pada tindakan siklus II. Peningkatan aktifitas belajar siswa maka berdampak pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada pra siklus nilai rata-rata 56,62 meningkat menjadi 63,91 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 76,95 pra siklus II yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SD Negeri 01 Bolong Kabupaten Karanganyar yaitu 65. Berdasarkan hasil perbaikan kinerja guru, keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa yang meningkat, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping merupakan salah satu upaya meningkatkan hasil belajar IPA tentang sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Bolong Kabupaten Karanganyar TahunAjaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: asil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:09
Last Modified: 08 Jun 2023 07:09
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item