ANGGIT UTAMI SOLIMAH, D0314023 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin PBS., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAYANGAN NO. 244 TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
ARTIKEL_ANGGIT UTAMI SOLIMAH.pdf Download (357kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam dengan model Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV SD N Sayangan No. 244, Laweyan, Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SD N Sayangan No. 244, Laweyan, Surakarta. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa, 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai empat tahapan dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi teknik. Teknik analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu keterkaitan tiga komponen pokok antara lain : reduksi data, prnyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA materi sumber daya alam setelah diadakannya penelitian tindakan kelas dengan model two stay two stray. Data tersebut dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata keterampilan guru pada pra siklus nilainya 2,0 dengan kriteria kurang meningkat pada siklus I nilainya menjadi 3,0 dengan kriteria baik dan lebih meningkat pada siklus II menjadi 3,6 dengan kriteria sangat baik. Nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 2,6, sedangkan pada siklus I dimana guru menggunakan model two stay two stray, maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 3,0 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 3,5. Dengan peningkatan aktivitas belajar siswa, maka berdampak pada hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai kelas, pada pra siklus 61,14, meningkat pada siklus I sebesar 69,28 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85 yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SD N Sayangan N0. 244 yaitu 70. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang meningkat dapat disimpulkan bahwa penerapan model two stay two stray tepat digunakan pada proses pembelajaran IPA khususnya materi sumber daya alam, yang mana merupakan salah satu upaya meningkatkan hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar dan Two Stay Two Stray |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 07:19 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 07:19 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1119 |
Actions (login required)
View Item |