PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VC SEKOLAH DASAR NEGERI SONDAKAN NO. 11 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Nur Fitriana Kusuma Wardani, D0313005 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Luncana Faridhah Sasmito, M.Pd, NIDN. 0615099001 (2017) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VC SEKOLAH DASAR NEGERI SONDAKAN NO. 11 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Jurnal_Nur Fitriana Kusuma Wardani_D0313005_PGSD_2017.pdf

Download (370kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan yang dilaksanakan adalah (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas Vc SD Negeri Sondakan No. 11 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Tempat penelitian ini di SD Negeri Sondakan No. 11 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 24 siswa kelas Vc. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kualitas pembelajaran siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama bahwa ada peningkatan kualitas pembelajaran siswa dalam pelajaran sifat-sifat cahaya setelah diadakan tindakan kelas dengan metode inkuiri. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata ketrampilan guru pada siklus I nilainya 28,5 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 35,5 dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I nilainya 27,98 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 35,25 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan hasil belajar setelah diadakan tindakan kelas dengan metode inkuiri, maka hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar dalam pelajaran sifat-sifat cahaya siswa sebelum dan sesudah tindakan. Hasil pra tindakan nilai rata-rata kelas 61,66 dengan ketuntasan klasikal 37,5%. Pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 68,33 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 58,33%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 87,5%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, IPA, metode inkuiri
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:59
Last Modified: 21 Jun 2023 05:59
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item