PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SAYANGAN NO. 244 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Nurul Mahmudah, D0314028 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Eny Kusumawati, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0607068601 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SAYANGAN NO. 244 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
ARTIKEL NURUL.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika materi penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri Sayangan No. 244 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas IV SD Negeri Sayangan yang terdiri dari 14 siswa lakilaki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatkan kinerja peneliti dalam proses pembelajaran setelah diadakannya tindakan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata-rata kinerja peneliti pada pra siklus sebesar 55%, pada siklus I yang mana dalam pembelajaran peneliti menggunakan model pembelajaran langsung, maka terjadi peningkatan kinerja peneliti menjadi 70%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%. Begitupula dengan aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 36,33%, sedangkan pada siklus I dimana peneliti menggunakan model pembelajaran langsung, maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 55,98%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,69%. Dengan peningkatan aktivitas belajar siswa, maka berdampak pada hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai kelas pada pra siklus 47,84 dengan ketuntasan klasikal 17,85%, meningkat pada siklus I sebesar 66,89 dengan ketuntasan klasikal 60,71%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 84,82 dengan ketuntasan klasikal 92,85% yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SD Negeri Sayangan No. 244 yaitu 70. Penggunaan model pembelajaran langsung tepat diterapkan dalam pembelajaran matematika khususnya materi penjumlahan bilangan bulat yang berdampak pada peningkatan kinerja peneliti, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sayangan No. 244 Surakarta.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran langsung, aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:49
Last Modified: 03 Jul 2023 06:49
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item