PENERAPAN MODEL RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADASISWA KELAS II SD NEGERI 03 SEPANJANG KECAMATAN TAWANGMANGU TAHUN AJARAN 2017/2018

ANIS SETYOWATI, D0314013 and Pembimbing 1 Margaretha Rismarini, M. Pd, NIDN. and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2018) PENERAPAN MODEL RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADASISWA KELAS II SD NEGERI 03 SEPANJANG KECAMATAN TAWANGMANGU TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
ARTIKEL_ANIS SETYOWATI.pdf

Download (520kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan 500 pada siswa kelas II SDN 03 Sepanjang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas siswa kelas II SDN 03 Sepanjang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model deskriptif interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan persentase keseluruhan aktivitas belajar siswa sebesar 1,47, sedangkan pada siklus I dimana guru menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education, maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 1,93, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 2,77 dan hasil presentase rata-rata kinerja guru pada pra siklus sebesar 50% meningkat pada siklus I sebesar 67% dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 87%. Dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dan kinerja guru, maka berdampak pada hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai kelas pada pra siklus 44,28, meningkat pada siklus I sebesar 65,23, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 74,52 yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SD Negeri 03 Sepanjang yaitu 67. Berdasarkan hasil dan aktivitas belajar siswa, perbaikan kinerja guru yang meningkat, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Realistic Mathematic Education tepat digunakan pada pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan 500 pada siswa kelas II SD Negeri 03 Sepanjang. Model ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses belajar mengajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan 500 kelas II SD Negeri 03 Sepanjang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: RME (Realistic Mathematic Education), Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:55
Last Modified: 04 Jul 2023 03:55
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item