PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VC SDN SONDAKAN N0.11 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

WINDA NUR HIDAYATI, D0313021 and Pembimbing 1 Dr. Nuruddin Priya Budi Santoso, M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Luncana Faridhah Sasmito, M.Pd, NIDN. 0615099001 (2017) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VC SDN SONDAKAN N0.11 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
jurnal.pdf

Download (563kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan Keaktiifan siswa kelas V SDN Sondakan No.11 Laweyan, Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas V SDN Sondakan No.11 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 terdiri dari 22 siswa. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Numbered Heads Together. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan yang pertama bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran setelah diadakan tindakan kelas dengan Model Numbered Heads Together. Pertama peningkatan dapat dilihat dari peningkatan keaaktifan siswa pada pembelajaran IPS siswa sebelum dan sesudah tindakan pada kondisi awal 9,1% kriteria rendah meningkat siklus I adalah 32% kriteria cukup,meningkat pada siklus II adalah 86% dengan kriteria sangat baik. Kedua Nilai rata-rata kegiatan guru kondisi awal 2 pada siklus I nilainya 2,8 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 3,4 dengan kriteria sangat baik. Ketiga pada pra tindakan nilai rata-rata kelas 58 dengan ketuntasan klasikal 22%. Pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 68 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 41%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 86%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:26
Last Modified: 21 Jul 2023 05:26
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item