PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE AASHTO 1993 (Studi kasus : Jalan Bayat-Wedi, Kabupaten Klaten)

Muhammad Yunus Ali Muchsin, A0118116 (2022) PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE AASHTO 1993 (Studi kasus : Jalan Bayat-Wedi, Kabupaten Klaten). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL MUHAMMAD YUNUS.pdf

Download (871kB)

Abstract

Perkerasan jalan yaitu struktur lapis yang terletak diatas tanah dasar terdapat lapisan pondasi atas serta pondasi bawah yang setiap lapisan terdiri dari agregat-agregat yang dipadatkan yang memiliki fungsi untuk menyalurkan tegangan akibat beban roda. Terdapat 3 perkerasan jalan, perkerasan aspal atau lentur (flexible pavement) , perkerasan beton atau kaku (rigid pavement), serta perkerasan komposit (composit pavement). Dalam menentukan tebal perkerasan lentur terdapat beberapa metode, termasuk pada penelitian ini menggunakan metode AASHTO 1993. Lokasi penelitian ini terletak pada ruas jalan Bayat-Wedi Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Penelitian ini berfokus pada perhitungan tebal perkerasan lentur dengan menggunakan metode AASHTO 1993. Dari hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan umur rencana selama 20 tahun menghasilkan tebal perkerasan sebesar 63 cm dengan tebal masing-masing tebal lapisan atas 18 cm, tebal pondasi atas 15 cm, dan pondasi bawah 30 cm. Hasil rencana anggaran biaya (RAB) dari penelitian ini didapat sebesar Rp. 3,972,820,000 (Tiga Milyar Sembilan Ratus Tujuh Puluh Dua Juta Delapan Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:18
Last Modified: 30 Aug 2023 04:42
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item