MANAJEMEN DAN BIAYA OPERASIONAL MAINTENANCE STRUKTUR PERKERASAN JALAN

Muhammad Arif Hidayatulloh, A0115034 and Pembimbing 1 Herman Susila, S.T, M.T., NIDN. 0620097301 and Pembimbing 2 Gunarso, S.T., M.T.,, NIDN. 0601016501 (2023) MANAJEMEN DAN BIAYA OPERASIONAL MAINTENANCE STRUKTUR PERKERASAN JALAN. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL MUH ARIF HIDAYATULLOH A.0115034_073112.pdf

Download (259kB)

Abstract

Kegiatan pembangunan dan pemeliharaan jalan sedang banyak dilakukan diberbagai daerah. Diperlukan sistem pengelolaan jalan yang baik, agar diperoleh umur jalan sesuai rencana. Konsep operasional pemeliharaan jalan adalah kegiatan untuk memperpanjang umur jalan dengan pembiayaan sekecil mungkin. Konsep ini akan diterapkan pada Jalan Pracimantoro-Eromoko, yang memiliki kondisi lapis perkerasan sudah mulai mengalami kerusakan, dan terjadi penurunan tingkat layan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tingkat kerusakan dan mengetahui jenis operasional penanganan yang sesuai. Kemudian dianalisa untuk mengetahui biaya operasional yang di perlukan untuk menangani perbaikan kerusakan. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung menurut acuan Petunjuk Teknis Perencanaan dan Penyusunan Program Jalan Kabupaten SK.No.77/KPTS/Db/1990 untuk mendapat data primer berupa data kondisi dan kerusakan jalan. Kemudian dilengkapi dengan data sekunder yaitu peta jaringan jalan. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Pracimantoro-Eromoko dengan panjang segmen ±10km, lebar jalan 7m, dan lapis perkerasan Laston (AC). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan acuan pada peraturan Departemen Pekerjaan Umum 1995. Dari hasil penelitian dan analisa pada segmen sepanjang 10 km, didapatkan nilai kerusakan berkisar 6-10 pada kategori ringan. Pada rentang nilai tersebut, perlu dilakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Pracimantoro-Eromoko. Kerusakan yang terjadi berupa lubang, legok, retak,dan alur pada semua segmen, dengan pendekatan manajemen penanganan kerusakan dilakukan dengan pelapisan laston pada lubang dan legok, pelapisan latasir pada retak dan pelapisan HRS (Hot Rolled sheet) pada Alur. Total biaya operasional yang dibutuhkan untuk penanganan pemeliharaan rutin untuk seluruh segmen sebesar Rp238.015.493 (Dua ratus tiga puluh delapan juta lima belas ribu empat sembilan tiga rupiah).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pemeliharaan Jalan, Biaya.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:18
Last Modified: 27 Oct 2023 06:18
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item View Item