UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 2 MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBAR DI SD NEGERI 1 GENENGSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

AVINA NURKUSUMAH DEWI, D0319016 and Luncana Faridhoh S, S.Pd., M.Pd, 0615099001 and Ninda Beny Asfuri, S.Pd., M.Pd, 06200988802 (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 2 MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBAR DI SD NEGERI 1 GENENGSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi Avina Nurkusumah Dewi D0319016 POTONG.pdf

Download (848kB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) Penelitian tindakan kelas merupakan upaya yang dilakukan oleh guru dengan melakukan sebuah tindakan di dalam kelas yang kegiatannya berfungsi untuk memperbaiki praktik pembelajaran, di dalam kelas dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SD Negeri 1 Genengsari Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan yang berjumlah 12 siswa yakni 5 siswa laki-laki dan 5. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada tiap siklusnya. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan media permainan kartu huruf bergambar dapat mengatasi siswa yang kesulitan dalam membaca. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada saat belum menggunakan media rata-rata siswa adalah 1,25 , pada siklus 1 rata-rata kemampuan siswa dalam membaca mengalami peningkatan menjadi 1,83, sedangkan pada siklus II rata-rata kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 2,75. Kondisi awal persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 25% dengan rata-rata nilai 54,16. Pada siklus I presentase ketuntasan menjadi 50% dengan rata-rata 61,67 dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni persentase nilai mencapai 83,3% dengan rata-rata 74,8. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri 1 Genengsari Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Media permainan kartu huruf bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Arif Budi Noviyanto A.Md S.I
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:12
Last Modified: 09 Nov 2023 04:12
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item