PERBEDAAN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOMANDO DAN TUGAS INDIVIDU TERHADAP HASIL SERVICE ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA KELAS 8 SMP N 2 JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2023

RAFI MUSTOFA, D0219077 and Pembimbing 1 Dr. H. Shodiq Hutomono, M.Kes, NIDN. 0601046302 and Pembimbing 2 Drs. Widagdo, M.Pd, NIDN. 0624126101 (2023) PERBEDAAN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOMANDO DAN TUGAS INDIVIDU TERHADAP HASIL SERVICE ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA KELAS 8 SMP N 2 JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi RAFI MUSTOFA D0219077 - Copy.pdf

Download (911kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1). Untuk Mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran komando dan model pembelajaran tugas individu terhadap hasil service atas dalam permainan bola voli pada siswa putra kelas 8 SMP N 2 Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun 2023. (2) Untuk Mengetahui Manakah yang lebih baik pengaruhnya antara model pembelajaran komando dan model pembelajaran tugas individu terhadap hasil service atas dalam permainan bola voli pada siswa putra kelas 8 SMP N 2 Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun 2023. Populasi dalam penelitian adalah pada siswa putra ektrakulikuler bola voli di 8 SMP N 2 Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun 2023 berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa putra ektrakulikuler bola voli di 8 SMP N 2 Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun 2023. Besar sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 siswa putra. Variabel penelitian ini yaitu metode model pembelajaran model pembelajaran komando dan model pembelajaran tugas individu sebagai variabel bebas serta tendangan pinalti terhadap hasil service atas variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui Kemampuan Service Atas.“tes kemampuan servis atas” dari M. Yunus, (2015:202) .Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran komando dan model pembelajaran tugas individu terhadap peningkatan hasil belajar servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa putra kelas 8 SMP N 2 Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun 2023. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 6,8407 lebih besar dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Model pembelajaran komando lebih baik pengaruhnya dari pada model pembelajaran tugas individu terhadap peningkatan hasil belajar servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa putra kelas 8 SMP N 2 Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun 2023. Berdasarkan persentase peningkatan ketrampilan servis atas menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran komando) adalah 34,694% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan model pembelajaran tugas individu ) adalah 30,811%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Komando, Tugas Individu dan Servis Atas Bola Voli
Subjects: Pendidikan > Kepelatihan Olahraga
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:12
Last Modified: 28 Dec 2023 06:12
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item View Item