IMPLEMENTASI RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMA NEGERI 1 GONDANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Muranti Adiningsih, D0119006 and Pembimbing 1 Erik Teguh Prakoso, S.Pd, M.Pd, Kons, NIDN. 0617068101 and PEMBIMBING 1 Dra. Usmani Haryanti, S.Pd, M.Hum, NIDN. 0622126202 (2023) IMPLEMENTASI RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMA NEGERI 1 GONDANG TAHUN AJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
END SKRIPSI_Muranti Adiningsih (D0119006) - Copy.pdf

Download (828kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Rational Emotive Behaviour dengan Teknik Relaksasi untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Gondang tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan sumber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Purposive Sampling merupakan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini. Setelah melaksanakan penelitian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan Trianggulasi Sumber. Untuk menganalisis data menggunakan Model Miles dan Huberman. Disimpulkan bahwa kecemasan yang dialami ketika siswa menghadapi ujian adalah siswa mengalami detak jantung berdebar ketika sudah mengerjakan soal ujian, siswa mengalami kepanikan, siswa kurang fokus, dan ketakutan jika melaksanakan remidia sendirian. Teknik relaksasi memberikan dampak ketenangan, rasa lega, dan perasaan nyaman.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Rational Emotive Behaviour Therapy, Teknik Relaksasi
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:46
Last Modified: 03 Jan 2024 06:46
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item