PERENCANAAN STRUKTUR PERKERASAN LENTUR JALAN TENTARA PELAJAR KABUPATEN KARANGANYAR DENGAN METODE BINA MARGA 2002

GIYANTO, A0119101 and Pembimbing 1 Teguh Yuono, S.T., M.T., NIDN. 0626067501 and Pembimbing 2 Gunarso, S.T., M.T.,, NIDN. 0601016501 (2023) PERENCANAAN STRUKTUR PERKERASAN LENTUR JALAN TENTARA PELAJAR KABUPATEN KARANGANYAR DENGAN METODE BINA MARGA 2002. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL B. INDO GIYANTO - Copy.pdf

Download (446kB)

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air. Terdapat 3 perkerasan jalan, perkerasan aspal atau lentur (flexible pavement) , perkerasan beton atau kaku (rigid pavement), serta perkerasan komposit (composit pavement).rumusan masalah : Bagaimana lalu-lintas yang melewati jalan TentaraPelajar Kab.Karanganyar?, Bagaimana daya dukung tanah pada jalan Tentara Pelajar Kab.Karanganyar?, Bagaimana struktur perkerasan lentur Jalan Tentara Pelajar Kab.Karanganyar dengan metode Bina Marga 2002?, Berapa Rencana Anggaran Biaya Pembangunan Jalan tersebut?. Tujuan Penelitian : Mengetahui besarnya lalu-lintas harian pada ruas jalan Tentara Pelajar Colomadu Kab.Karanganyar, Mengetahui besarnya daya dukung tanah pada ruas jalan Tentara Pelajar Colomadu Kab.Karanganyar, Menentukan struktur perkerasan lentur Jalan Tentara Pelajar colomadu Kab.Karanganyar dengan metode Bina Marga 2002, Menghitung estimasi biaya yang di perlukan pada jalan Tentara Pelajar Colomadu Kab.Karanganyar. Perkerasan lentur merupakan campuran agregat batu pecah, pasir, material pengisi (filler), dan aspal yang kemudian dihamparkan lalu dipadatkan. penelitian ini menggunakan metode Bina Marga 2002. Lokasi penelitian terletak pada ruas jalan Tentara Pelajar Bolon Colomadu Kabupaten Karanganyar. Menggunakan umur rencana 10 tahun menghasilkan tebal perkerasan sebesar 30 cm dengan tebal masing-masing : lapis Pondasi Atas 20 cm, tebal ACBC 6 cm, dan tebal ACWC 4 cm. Hasil rencana anggaran biaya (RAB) dari penelitian ini didapat sebesar Rp. 5,787,644,000 (Lima Milyar Tujuh Ratus Delapan Puluh Tujuh Juta Enam Ratus Empat Puluh Empat Ribu Rupiah)

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Jalan ; Perkerasan Lentur ;Metode Bina Marga,Biaya
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:36
Last Modified: 09 Jan 2024 04:36
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item