PERENCANAAN PERKERASAN JALAN BETON DENGAN METODE AASHTO 1993 PADA RUAS JALAN GABUGAN-BONAGUNG SRAGEN

RIYAN, HIDAYAT (2022) PERENCANAAN PERKERASAN JALAN BETON DENGAN METODE AASHTO 1993 PADA RUAS JALAN GABUGAN-BONAGUNG SRAGEN. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Jurnal Tugas akhir riyan hidayat.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi, mempuyai peran penting dalam mendukung bidang ekonomi, sosial, dan budaya serta lingkungan dan perkmbangan melalui pendekatan perkembangan wilayah agar tercapai keseimbangan dan pemerataan pembangunan antar daerah serta untuk membentuk struktur ruang dalam rangka mewujudkan sasaran pembangunan nasional. Pengambilan data untuk perencanaan, diambil dari ruas jalan Gabugan – Bonagung Sragen, di antaranya lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) dilakukan survei pada tanggal 2 April 2022, berisi perhitungan lalu lintas yang melewati jalan Gabugan - Bonagung. Data California Bearing Ratio (CBR) dengan melakukan uji tanah menggunakan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) pada tanggal 13 April 2022, berisi perhitungan data CBR sebanyak 10 titik uji setiap 200 meter pada jalan Gabugan - Bonagung. Data curah hujan diambil dari BPSDA Kabupaten Sragen.Pada Ruas jalan Gabugan–Bonagung Sragen termasuk jalan kabupaten, terdiri dari 1 lajur 2 arah dengan panjang 2,2 km dan lebar jalan 6,00 m. Jalan Gabugan-Bonagung adalah jalan yang menghubungkan antara kecamatan Sumberlawang dan kecamatan Tanon yang memiliki peran besar dalam meningkatkan perekonomian dan mobilitas masyarakat. Dengan demikian perlu adanya perencanaan jenis perkerasan apa yang layak dan menguntungkan untuk digunakan didaerah yang dimaksud dari tinjauan teknis dan ekonomis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diambil kesimpulan bahwa perencanaan struktur jalan Gabugan-Bonagung menggunakan perkerasan kaku (Rigid Pavement), untuk metode perencanaan yang digunakan penulis adalah Metode AASHTO 1993. Setelah dilakukan perhitungan berdasarkan data-data yang diperoleh, di dapatkan tebal pelat 20 cm, untuk kebutuhan tulangan didapatkan tulangan memanjang dan melintang Ø10 – 200 mm, untuk gambar perencanaan penulis menggunakan Autocad sebagai sarana menentukan desain berdasarkan perhitungan yang sudah didapatkan. Estimasi Anggaran Biaya (RAB) dari perhitungan tersebut yaitu Rp.7.640.742.930.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Rigid Pavement, Tebal Struktur Perkerasan, Biaya
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:02
Last Modified: 23 Nov 2022 04:02
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item