PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DENGAN METODE SNI Pd T-14-2003 (Studi Kasus : Ruas Jalan Bangak – Sambi , Boyolali)

SRI WAHYONO, A0118130 (2022) PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DENGAN METODE SNI Pd T-14-2003 (Studi Kasus : Ruas Jalan Bangak – Sambi , Boyolali). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
TA Rigid Bangak - Sambi Oke Finish 2 edit.pdf

Download (320kB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan sebagai salah satu sarana penunjang dalam pembangunan suatu daerah khususnya daerah kabupaten Boyolali dengan program pro investasinya. Ruas Jalan Bangak – Sambi merupakan salah satu ruas jalan yang menghubungkan dari Jalan Nasional Boyolali – Kartasura dengan beberapa kecamatan diwilayah Kabupaten Boyolali. Pada ruas jalan ini merupakan kawasan industri, perdagangan dan pertanian. Jalan ini kondisi existing adalah perkerasan aspal yang dibeberapa titik mengalami distorsi dan cacat permukaan (distintegration). Kemudian dalam masalah ini, tugas akhir kami merencanakan peningkatan jalan tersebut dengan konstruksi perkerasan kaku (rigid pavement) bersambung dengan tulangan (JRCP) metode SNI Pd T -14-2003. Perkerasan kaku adalah perkerasan jalan yang terdiri dari pelat beton semen sebagai lapis pondasi dan lapis pondasi bawah diatas tanah dasar . Beton semen adalah campuran semen, air, agregat halus dan agregat kasar. Langkah – langkah perencanaan ini adalah mengumpulkan data LHR, CBR dan analisa harga satuan pekerjaan di dapat dari DPUPR Kabupaten Boyolali, menentukan umur rencana 20 tahun, menentukan jenis bahu jalan dari timbunan sirtu, menghitung JSKN rencana adalah 1,24 x 107 dengan faktor keamanan beban 1.1, menentukan mutu beton fc’ 30 MPa, penilaian CBR tanah dasar 4,45%, menentukan pondasi bawah dengan grafik dengan hasil menggunakan bahan pengikat tebal 125 mm, menentukan jenis lalu lintas adalah luar kota, menentukan asumsi tebal pelat dengan grafik di dapat tebal pelat beton 21 cm dengan hasil analisa persentase rusak fatik dan erosi < 100% jadi aman, menentukan perencanaan tulangan memanjang, tulangan melintang, dowel, dan tulangan tie bar. Menghitung Rencana anggaran biaya. Berdasarkan dari hasil perhitungan didapat tebal perkerasan kaku adalah 21 cm dengan perencanaan tulangan memanjang Φ10 – 230 mm, tulangan melintang Φ10 – 370 mm, dowel menggunakan tulangan Φ33 – 300 mm panjang 450 mm dan tulangan tie bar D 16 -700 mm panjang 700 mm. Rencana anggaran biaya Rp. 6.027.049.000,00 dengan panjang 1.630 m lebar 6 m..

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Perkerasan Kaku, SNI Pd T-14-2003
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:18
Last Modified: 30 Nov 2022 06:18
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item