PUGUH HARWANTO, D0218083 (2022) PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN HEADING BERPASANGAN DAN METODE DRILL TERHADAP KETERAMPILAN HEADING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA SSB SATRIA PANDAWA KLATEN TAHUN 2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
D0218083 Puguh edit.pdf Download (880kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pengaruh metode Berpasangan dan metode Heading Drill terhadap Heading dalam permainan sepakbola pada Siswa SSB Satria Pandawa Kabupaten Klaten Tahun 2022. 2. Manakah yang lebih baik antara metode Berpasangan atau metode Drill terhadap Heading dalam permainan sepakbola pada Siswa SSB Satria Pandawa Kabupaten Klaten Tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa yang terdaftar pada SSB Satria Pandawa Klaten Tahun 2022 berjumlah 40 orang siswa, serta sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa dengan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 sebanyak 15 siswa, mendapat perlakuan latihan metode berpasangan dan kelompok 2 sebanyak 15 siswa, mendapat perlakuan latihan metode heading drill. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan pengukuran menggunakan petunjuk tes keterampilan heading (menyundul bola) dari Nurhasan, 2001 : 160-161. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%, untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dan persentase peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: 1. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode berpasangan dan metode heading rrill terhadap keterampilan heading dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa SSB Satria Pandawa Klaten Tahun 2022. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 5,055 > ttabel = 2.145 dengan taraf signifikasi 5%. 2. Berdasarkan persentase hasil keterampilan heading menunjukkan bahwa kelompok 1, kelompok yang mendapat perlakuan dengan latihan heading dengan metode berpasangan adalah 16,092% < kelompok 2, kelompok yang mendapat perlakuan metode heading drill adalah 31,976%. Hal ini menunjukan bahwa latihan dengan metode heading drill lebih baik pengaruhnya dari pada latihan heading dengan metode berpasangan terhadap terhadap keterampilan heading sepakbola
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Latihan Metode Berpasangan, Heading Drill, Sepakbola |
Subjects: | Pendidikan > Kepelatihan Olahraga |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 02:48 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 02:48 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/544 |
Actions (login required)
View Item |