AMANDA NIKOLAS SOEKARNO, D0218020 (2022) PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN SIRKUIT DAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA USIA 10-12 TAHUN SSB PERSEMAN KARANGANYAR TAHUN 2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
SKRIPSI AMANDA NIKOLAS SOEKARNO D0218020 edit.pdf Download (641kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Sirkuit dan Bermain Terhadap Kemampuan Passing Sepakbola pada anak usia 10-12 Tahun SSB Perseman Karanganyar Tahun 2022, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara kemampuan passing bola antara latihan Sirkuit dengan Bermain dan terhadap kemampuan passing bola dalam permainan sepakbola pada Atlet Putra Umur 10-12 Tahun SSB Perseman Karanganyar tahun 2022. Sampel penelitian adalah Atlet Putra Umur 10-12 Tahun SSB Perseman Karanganyar yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil peningkatan kemampuan passingdengan metode latihan passing dengan Sirkuit dan Bermain sebagai variabel bebas kemampuan passing sebagai variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Menggunakan tes keterampilan hasil menendang bola dari Nurhasan (2001). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh latihan passing dengan Sirkuit dan Bermain terhadap kemampuan passing bola dalam permainan sepakbola pada Atlet Putra Umur 10-12 Tahun SSB Perseman Karanganyar tahun 2022. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3,2314 lebih kecil dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan Sirkuit lebih baik pengaruhnya dari pada Bermain terhadap kemampuan passing bola dalam permainan sepakbola pada Atlet Putra Umur 10-12 Tahun SSB Perseman Karanganyar tahun 2022. Berdasarkan persentase kemampuan passing menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode latihan Sirkuit) adalah 4,989% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan Bermain) adalah 2,943%.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Latihan Metode Sirkuit, Metode Bermain, Passing |
Subjects: | Pendidikan > Kepelatihan Olahraga |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:24 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:24 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/597 |
Actions (login required)
View Item |