FENDI SETIAWAN, A0117086 and Pembimbing 1 Teguh Yuono, S.T., M.T., NIDN. 0626067501 and Pembimbing 2 Sumina, ST, MT, NIDN. 0611116901 (2021) PENILAIAN KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX DAN UPAYA PENANGANANYA (STUDI KASUS JALAN PLUPUH – TANON SRAGEN). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
JURNAL FIX.pdf Download (527kB) |
Abstract
Penelitian Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Metode PCI (Pavement Condition Index), studyi kasus Ruas Jalan Plupuh – Tanon, Sragen STA 0+000 – 2+000. Tugas akhir, progam sarjana Teknik Sipil, jurusan Teknik Sipil fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP). Jalan raya adalah salah satu prasarana yang mempercepat atau mempermudah pertumbuhan dan perkembangan suatu daerah serta akan membuka hubungan sosial, ekonomi dan budaya antar daerah. Namun, karena sering sekali mengalami kerusakan. Oleh karena itu perluh dilakukan tinjauan ulang, untuk dapat mengetahui kerusakan dan jenis penangan pada kerusakan dan memperkecil biaya operasional, sehingga memberikan keamanan bagi penguna jalan. Pengamatan yang dilakukan pada jalan Plupuh – Tanon, STA 0+000 – 2+000 dengan panjang 2 km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Insex (PCI) dengan membagi jalan dengan beberapa segmen yaitu tiap segmen 100m kemudians tiap segmen dijalan dilakukan mengamatan (secara visual) dan pengukuran umtuk mengidentikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penelitian sesuai dengan metode PCI. Setelah itu mendapatkan rata-rata PCI kerusakan keseluruhan jalan menunjukan angka 39,75 (Jelek). Setelah itu dilakukan penanganan dengan mengunakan metode PPK dan di ketahui entimasi jumlah harga upaya penanganannya yaitu 1,485,593,269 . Dari hasil pengamatan di peroleh jenis-jenis kerusakan berupa Coner break, Devided slab, Pothole, Linier crack, Patching (Large), Patching (small), Faulting, Join seal, Pumping. Kerusakan ini terjadi pada beberapa segmen saja dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada. Kerusakan ini hanya terjadi pada beberapa segmen saja dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yange ada. Yaitu pengisian retak, Penutupan celah sambungan,Tambalan,Lapis perata,rekronstruksi setempat,Rekonstruksi.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), PPK |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 02:53 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 02:53 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/751 |
Actions (login required)
View Item |