EVALUASI DAN PERENCANAAN SISTEM DRAINASE PERKOTAAN JALAN KAPTEN MULYADI KABUPATEN KARANGANYAR

VICKY YOGA ARISMA, A0116003 and Pembimbing 1 Ir. Dian Arumningsih DP , MT., NIDN. 0624096201 and Pembimbing 2 Teguh Yuono, S.T., M.T., NIDN. 0626067501 (2021) EVALUASI DAN PERENCANAAN SISTEM DRAINASE PERKOTAAN JALAN KAPTEN MULYADI KABUPATEN KARANGANYAR. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (329kB)

Abstract

Pertumbuhan perkotaan dan perkembangan industri memiliki dampak yang signifikan pada siklus hidrologi dan berpengaruh pada sistem saluran (drainage) perkotaan. Contohnya adalah saluran yang berada di tengah-tengah pemukiman penduduk dan lingkungan sekitar sistem saluran yang dapat menyebabkan banjir/genangan. Dengan hal itu, perkembangan kota harus diikuti dengan peningkatan dan perbaikan sistem saluran (drainage). Pada perencanaan ulang akan dikaji kembali kelayakan dari saluran tersebut. Apakah benar–benar perlu perencanaan ulang atau tidak, agar perencanaan ulang maksimal perlu pula dilakukan penelitian agar saluran eksisting yang baru benar-benar maksimal dalam menampung air dari sumber-sumber air yang berpotensi menyebabakan genangan. Dari indentifikasi didapat beberapa kesimpulan dimana penampang saluran eksisting kurang memadai atau terlalu kecil maka dari itu dilakukan perencanaan ulang pada sistem saluran (drainage) agar saluran mampu menampung debit limpasan air hujan dan air dari perumahan sekitar sehingga tidak menimbulkan terjadinya genangan ataupun banjir. Berdasarkan observasi langsung dan perhitungan analisis saluran. Dari hasil observasi langsung terdapat endapan, sedimentasi, dan perubahan dimensi penampang saluran yang menjadi pemicu tersumbatnya aliran air. Sedangkan dari hasil analisis dapat diketahui bahwa kapasitas daya tampung saluran tidak mampu menampung debit banjir yang ada. Pada saluran eksisting, diperoleh besarnya debit saluran adalah 0,0443 m3/det yang mana lebih kecil dari debit banjir rencana 25 tahunan (0,1237 m3/det). Hal tersebut berarti bahwa kapasitas saluran eksisting tidak dapat menampung debit banjir. Hasil perhitungan dimensi saluran yang baru, diperoleh dimensi saluran yang paling ekonomis adalah nilai tinggi muka air dari dasar saluran (y) = 0,25 m; lebar saluran (b) = 0,50 m; dan tinggi saluran (H) = 0,45 m.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Saluran Perkotaan, Genangan dan Banjir, Jalan Kapten Mulyadi.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:24
Last Modified: 13 Feb 2023 03:24
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item