PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUAS JALAN RAYA SOLO – PURWODADI KM 2+00 – 3+00 DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNI PD T-14-2003

Langgeng Aldi Mulyana, A0118140 (2022) PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUAS JALAN RAYA SOLO – PURWODADI KM 2+00 – 3+00 DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNI PD T-14-2003. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Tugas Akhir 12345_merged (1)edit.pdf

Download (922kB)

Abstract

Jalan Raya Solo – Purwodadi merupakan bagian dari jalan nasional yang mengubungkan kota Surakarta dengan kota Purwodadi. Dalam perencanaan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) ini menggunakan metode SNI Pd T-14-2003. Pekerasan kaku adalah perkerasan jalan yang terdiri dari pelat beton semen sebagai lapis pondasi dan lapis pondasi bawah diatas tanah dasar. Beton semen terdiri dari campuran semen, air, agregat kasar, agregat halus dan admixture. Dalam perencanaan perkerasan kaku metode SNI Pd T-142003 didapat JSKN (Jumlah Sumbu Kendaraan Niaga) sebesar 2.61 x 108, JSKN rencana sebesar 1.3 x 108, nilai CBR tanah dasar sebesar 4,3% dan diperoleh ketebalan pelat 22cm. pada perencanaan tulangan digunakan Wiremesh Ø8 mm- 150 mm = 335 mm²/m¹ > As min memanjang maupun melintang = 308 mm²/m¹. Ukuran ruji (dowel) yang digunakan adalah dowel yang berdiameter 32 mm, dengan Panjang 45 cm dan jarak antar dowel 30 cm. ukuran batang pengikat (Tie Bars) yang digunakan adalah tie bar dengan diameter 12 mm, dengan Panjang 75 cm dan jarak 90 cm. Kata kunci: Jalan Raya Solo-Purwodadi, Perkerasan Kaku (Rigid Pavement), SNI Pd T-14- 2003

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta > Fakultas Teknik > Arsitektur
Arsitektur
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 16 Sep 2022 06:35
Last Modified: 30 Aug 2023 04:39
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item