ANALISIS PEMASARAN BERAS ORGANIK BERSERTIFIKAT DAN NON ORGANIK DI DESA DLINGO KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI

Suswadi Suswadi, - and Kusriani Prasetyowati, - and HARYUNI, - (2021) ANALISIS PEMASARAN BERAS ORGANIK BERSERTIFIKAT DAN NON ORGANIK DI DESA DLINGO KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI. ANALISIS PEMASARAN BERAS ORGANIK BERSERTIFIKAT DAN NON ORGANIK DI DESA DLINGO KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI. ISSN 2721-074X

[img] Text
18. Suswadi et al 2021.pdf

Download (795kB)
Official URL: http://ejournal.utp.ac.id/index.php/AFP/index

Abstract

Pemasaran merupakan hal yang penting dalam menjalin keberlanjutan usaha pertanian orgaganik karena pemasaran merupakan tindakan ekonomi yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya pendapatan petani.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran beras, besarnya margin pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran beras organik dan non organik, besarnya bagian harga yang diterima oleh petani pada masing-masing saluran pemasaran beras, dan mengetahui efisiensi pemasaran beras di Desa Dlingo Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Mengambil sebanyak 30 responden petani organik dan 30 petani non organik dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple RandomSampling Method).Selain itu untuk menentukan responden pedagang di gunakan metode penjajakan responden (Tracing Sampling Method).Berdasarkan Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Margin pada setiap pelaku disaluran pemasaran beras organik, adalah: ditingkat kelompok tani 38,74%, ditingkat pedagang besar 38, 74% dan ditingkat pasar modern 22,52%. Sedangkan margin pada tiap pelaku di saluran pemasaran beras non-organik, adalah: di pengepul desa 72,86%, ditingkat pedagang besar 15,71%, ditingkat pengecer 11,43%. (2) Keuntungan yang diterima oleh setiap pelaku pada saluran pemasaran beras organik adalah: petani menikmati keuntungan 16%, kelompok tani 39,4%, pedagang besar 4,1% dan pasar modern 40,2 % . Pada saluran pemasaran beras non-organik petani menikmati keuntungan 7,4%, pengepul desa 70,4% dan Pedagang besar 9,8 % , pengecer 12,4% .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Saluran pemasaran, margin, keuntungan, efisiensi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:16
Last Modified: 12 Apr 2023 04:16
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item