PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SUMBER V KECAMATAN BANJARSARI, KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Nofi Fitriana, D0315006 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin PBS., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SUMBER V KECAMATAN BANJARSARI, KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI edit.pdf

Download (375kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model kooperatif tipe Group Investigation di Kelas III SD Negeri Sumber V Banjarsari Kota Surakarta tahun ajaran 2018/2019 (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui model kooperatif tipe Group Investigation di Kelas III SD Negeri Sumber V Banjarsari Kota Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dan sebelum adanya tindakan tersebut peneliti melakukan pengamatan pada saat pra siklus. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Sumber V Banjarsari. Jumlah siswa kelas III SD Negeri Sumber V Banjarsari Tahun 2019 adalah 18 siswa yang terdiri 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA, dibuktikan dari peningkatan hasil keterampilan guru selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor pada tiap siklusnya, yaitu pada kondisi awal rata-rata skor yang diperoleh guru adalah 2,0 dengan kriteria kurang, meningkat menjadi 2,6 dengan kriteria baik pada siklus I kemudian menjadi 3,35 dengan kriteria sangat baik pada tindakan siklus II. Hasil aktivitas siswa pada kondisi awal mendapat rata-rata 1,7 dengan kriteria kurang, kemudian meningkat menjadi 3,0 dengan kriteria baik pada tindakan siklus I dan meningkat menjadi 3,65 dengan kriteria sangat baik pada tindakan siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa, terlihat dari perolehan nilai rata-rata yang selalu meningkat dari kondisi awal mendapat nilai rata-rata 53,05 dengan presentase ketuntasan klasikal 11%, kemudian meningkat pada tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 73,33 dengan presentase ketuntasan klasikal 66,67%, dan pada tindakan siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 79,72 dengan presentase ketuntasan klasikal 88,89%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation, Hasil Belajar IPA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 26 May 2023 04:17
Last Modified: 26 May 2023 04:17
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item