UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASA PENJAJAHAN DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KLECO I KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

YUNITA FITRIYATI R, D0317025 and Pembimbing 1 Dr. Nuruddin Priya Budi Santoso, M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASA PENJAJAHAN DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KLECO I KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
COVER edit.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tetang perjuangan melawan penjajahan Belanda melalui penerapan model pembelajaran berbasis literasi pada siswa kelas V SD Negeri Kleco I Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah saya sebagai peneliti dan siswa kelas V SD Negeri Kleco I Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada materi perjuangan melawan penjajahan pada kondisi awal adalah 59,87 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 34,3%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,47 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 57,1%. Pada siklus II meningkat menjadi 85,7 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 94,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis literasi dapat meningkatkan pemahaman konsep perjuangan melawan penjajahan Belanda siswa kelas V SD Negeri Kleco I Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Perjuangan masa Penjajahan, Model Pembelajaran Berbasis Literasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:16
Last Modified: 21 Jul 2023 05:16
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item