UPAYA MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR ONLINE MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI TATA BOGA SMK SAHID SURAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023

MEI PRAMUDITA, D0118008 and Pembimbing 1 Suci Prasasti, S.Pd., M.Pd., Kons, NIDN. 0606127503 and Pembimbing 2 Diana Dewi W, S.Pd., M.Pd, NIDN. 0610038102 (2023) UPAYA MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR ONLINE MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI TATA BOGA SMK SAHID SURAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI FULL BARU BANGET 2 EDIT.pdf

Download (391kB)

Abstract

Kondisi COVID-19 pembelajaran dilakukan secara jarak jauh menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non cetak (audio/video), computer/internet, siaran radio dan televisi. Pada pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Jika mengalami kejenuhan dalam belajar akan mengalami ketidakmajuan hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar. Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat digunakan untuk menurunkan kejenuhan belajar online pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Sahid Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik role playing dipilih karena dapat mendorong pengembangan perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap yang menunjang terwujudnya perilaku yang lebih efektif. Sampel penelitian berumlah 8 siswa dan metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik role playing berpengaruh terhadap upaya menurunkan kejenuhan belajar online pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Sahid Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam kegiatan belajar mengajar seperti dalam bentuk respon, meningkatnya rasa semangat dalam mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas tepat waktu.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Kejenuhan Belajar Online
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:11
Last Modified: 20 Oct 2023 06:11
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1314

Actions (login required)

View Item View Item