PENERAPAN MODEL CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PUISI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI SAYANGAN

FAUZIAH BUNGA MENTARI, D0319001 and Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Luncana Faridhoh S, S.Pd., M.Pd, 0615099001 (2023) PENERAPAN MODEL CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PUISI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI SAYANGAN. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Fauziah Bunga 1.pdf

Download (731kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Sayangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) yang dilakukan di ruang kelas dengan tujuan untuk mengubah perilaku mengajar guru, perilaku peserta didik, peningkatan atau perbaikan praktik pembelajaran kelas yang diajar oleh guru tersebut sehingga terjadi peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sayangan n yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas dengan penggunaan metode pembelajaran CIRC ini adalah: Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh adalah 67,95. Sedangkan dilihat dari ketuntasan belajar siswa sebanyak 16 siswa tidak tuntas dan hanya 6 siswa yang tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 74,31 masih kurang dari 75,00. Siswa yang mempunyai nilai di bawah KKM sebanyak 8 siswa dan yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 81, 31 melebihi indikator keberhasilan yaitu 75,00. Siswa yang telah mencapai KKM yaitu sebanyak 21 siswa dan sebanyak 1 siswa yang tidak tuntas

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition, Ketrampilan Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Arif Budi Noviyanto A.Md S.I
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:57
Last Modified: 20 Oct 2023 06:57
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item