PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SAYANGAN NO. 244, LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

Telaga Kautsar, D0318017 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Luncana Faridhah Sasmito, M.Pd, NIDN. 0615099001 (2022) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SAYANGAN NO. 244, LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
telaga kautsar skr EDIT.pdf

Download (745kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi luas segitiga pada siswa kelas I V SD Negeri Sayangan Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Sayangan No.244 yang terdiri dari 15 siswa laki laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian dilakuan dua siklus. Metode pengumpula n data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknis analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data. penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata rata ki nerja guru sebesar 50% pada pra siklus meningkat menjadi 75% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 90% pada siklus II. Nilai rata rata kompetensi sikap siswa pada pra siklus sebesar 1,53 meningkat pada siklus I sebesar 2.23 dan meningkat menjadi 2.63 p ada siklus II. Nilai rata2 pada kompetensi ketrampilan siswa pada prasiklus sebesar 1.58 lalu pada siklus I meningkat menjadi 2,27 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 2.62. Dengan peningkatan kompetensi sikap dan ketrampilan, maka berdampak pada hasi l belajar siswa pada pra siklus sebesar25,5 pada siklus 1 meningkat menjadi 63,7 dan meningkat menjadi 75.6 pada siklus II. Berdasarkan hasil nilai kinerja guru, dan kompetensi siswa, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode P enelitian tindakan kelas merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas IV SD Negeri Sayangan pada mata pelajaran matematika khususnya materi mencari luas segitiga

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching And learning . Hasil Belajar. Perkalian dan P embagian Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:01
Last Modified: 01 Nov 2023 07:01
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1387

Actions (login required)

View Item View Item