MINAT MEMBACA SISWA KELAS III SDN SUMBER KECAMATAN SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2022/2023

OKTIA AYU PRATIWI, D0319022 and Pembimbing 1 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd., M.Pd, NIDN. 0603068903 and Pembimbing 2 Dr. Harbono, S.Kar, NIDK. 8954830022 (2022) MINAT MEMBACA SISWA KELAS III SDN SUMBER KECAMATAN SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI Oktia Ayu Pratiwi (D0319022) EDIT.pdf

Download (836kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui minat membaca siswa kelas III SDN Sumber Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. (2) Mengetahui proses pembelajaran membaca siswa kelas III SDN Sumber Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. (3) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca siswa kelas III SDN Sumber Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul Metode penelitian yang digunakan adalah model kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dari kalangan siswa, guru, dan orang tua dari kelas III SDN Sumber Semin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat membaca siswa kelas III SDN Sumber Semin masih rendah. (2) Metode pembelajaran membaca yang diterapkan guru sudah tergolong mampu meningkatkan minat membaca siswa, akan tetapi minat membaca siswa masih rendah. (3) Rendahnya minat membaca siswa kelas III SDN Sumber Semin dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri siswa (internal) dan faktor dari luar diri siswa (eksternal). Faktor internal meliputi a) kurangnya kemampuan membaca siswa meliputi kurangnya kelancaran membaca memahami isi bacaan. b) kurangnya kebiasaan membaca siswa meliputi siswa tidak meluangkan waktu untuk membaca, dan siswa belum berinisiatif membaca atas kesadaran sendiri. c) kurangnya rasa senang untuk membaca meliputi siswa belum membaca dengan baik tanpa diselingi aktivitas lain dan siswa belum menunjukan keinginan untuk mengoleksi buku. d) kurangnya kebutuhan terhadap bacaan meliputi siswa jarang mencari bacaan sesuai dengan kebutuhannya. Sedangkan faktor eksternal meliputi a) lingkungan sekolah kurang mendukung meliputi budaya membaca di sekolah tergolong rendah, kurangnya slogan membaca, fasilitas perpustakaan belum maksimal, dan pojok baca di kelas belum maksimal. b) lingkungan keluarga kurang mendukung meliputi budaya membaca di lingkungan keluarga masih rendah. c) penggunaan teknologi meliputi penggunaan handphone di lingkungan rumah. Berdasarkan penjabaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat membaca siswa di SDN Sumber masih rendah dikarenakan berbagai faktor termasuk proses pembelajaran yang masih kurang efektif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat membaca, faktor membaca, siswa sekolah dasar
Subjects: Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:29
Last Modified: 03 Nov 2023 02:29
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1388

Actions (login required)

View Item View Item