PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA NGLEGENA MELALUI MEDIA FLASHCARD KELAS IV SD NEGERI 03 WONOREJO, KECAMATAN GONDANGREJO, KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ERLINDA FEBRIANA, D0319011 and Dr. Harbono, S.Kar, M.Sn, 8954830022 and Mohammad Ali Yafi, M.Pd, 06021129301 (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA NGLEGENA MELALUI MEDIA FLASHCARD KELAS IV SD NEGERI 03 WONOREJO, KECAMATAN GONDANGREJO, KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
REVISI SKRIPSI-ERLINDA POTONG.pdf

Download (855kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis aksara Jawa melalui media flashcard pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 03 Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar dengan jumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru selama dua siklus. Pada siklus I mencapai 73,75% dan pada siklus II mencapai 90%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus II yaitu 62,50% menjadi 83,75%. Kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa turut menunjukkan adanya peningkatan. Dibuktikan dengan perolehan hasil belajar sebelum adanya tindakan dan setelah mendapatkan tindakan. Pada pra siklus, kemampuan membaca aksara Jawa memperoleh persentase ketuntasan sebesar 23,07% dan kemampuan menulis mencapai 30,76%. Peningkatan terjadi pada siklus I dengan kemampuan membaca memperoleh ketuntasan sebesar 53,84% dan kemampuan menulis sebesar 65,38%. Setelah adanya perbaikan, pada siklus II kemampuan membaca kembali meningkat dengan persentase ketuntasan sebesar 80,76% dan kemampuan menulis sebesar 84,61%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media flashcard dapat meningkatkan kinerja guru, aktivitas siswa, dan juga hasil belajar siswa kelas IV SD negeri 03 Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aksara Jawa, Flashcard, Membaca, Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Arif Budi Noviyanto A.Md S.I
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:53
Last Modified: 09 Nov 2023 03:55
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item