PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SEDOTAN DALAM PENYELESAIAN SOAL PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 KRAJAN KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023

Marheni Pratiwi, D0319035 and Ninda Beny Asfuri, S.Pd., M.Pd, 06200988802 and Mohammad Ali Yafi, M.Pd, 06021129301 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SEDOTAN DALAM PENYELESAIAN SOAL PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 KRAJAN KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Marheni Pratiwi D0319035 12.pdf

Download (850kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan media sedotan dalam penyelesaian soal perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 1 Krajan, Kabupaten Klaten, Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Model eksperimen yang akan digunakan adalah One-Group Pre-test Post-test Design yaitu model yang digunakan dalam satu kelas yang diberi pre-test kemudian diberi perlakuan, setelah itu diberikan post-test. Hasil pada saat pre-test dibandingkan dengan post-test. Hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa penggunaan media sedotan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penyelesaian soal perkalian pada mata pelajaran matematika kelas III. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistik uji hipotesis t-test, diketahui t hitung (3,447) > t tabel (1,705) sehingga H0 ditolak, karena berdasarkan kriteria pengujian dalam uji ini adalah H0 ditolak apabila t > t(1-a)(1+a) (2-2). Dari hasil analisis data korelasi diperoleh nilai rxy sebesar 0,932. Berdasarkan tabel dari Zuklafrial (2012: 99) rxy antara 0,90 – 1,00 memiliki korelasi yang sangat kuat. Sehingga penggunaan media sedotan dapat membantu siswa untuk mengerjakan soal perkalian agar lebih mudah, cepat, benar, dan menyenangkan

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: matematika, perkalian, media pembelajaran, sedotan, media sedotan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Arif Budi Noviyanto A.Md S.I
Date Deposited: 10 Nov 2023 03:27
Last Modified: 10 Nov 2023 03:27
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item View Item