KETRAMPILAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA MANIK-MANIK WARNA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI PLUMBUNGAN 5 KARANGMALANG SRAGEN

Arif Muta’Aliy, D0319013 and Pembimbing 1 Dr. Harbono, S.Kar, NIDK. 8954830022 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2023) KETRAMPILAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA MANIK-MANIK WARNA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI PLUMBUNGAN 5 KARANGMALANG SRAGEN. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi Arif Muta'Aliy (D0319013)(1) - Copy.pdf

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan tujuan untuk mengetahui ketrampilan berhitung penjumlahan menggunakan media manik-manik warna siswa. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri Plumbungan 5 Karangmalang Kabupaten Sragen tahun ajaran 2023. Jenis penelitian ini adalah deskripsi Kualitatif, yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini ketrampilan berhitung penjumlahan siswa dapat dilihat adanya mampu menyelesaikan soal, terampil menggunakan media manik-manik warna, mampu menggunakan konsep dalam praktek, dan mampu menyebutkan bilangan penjumlahan. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil observasi siswa pemberian soal essay ketrampilan berhitung siswa meningkat 90 serta prestasi belajar siswa juga meningkat. Maka dapat disimpulkan ketrampilan berhitung penjumlahan siswa meningkat menggunakan media manik-manik warna siswa kelas I SD Negeri Plumbungan 5 Karangmalang Sragen.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Berhiung, Media Manik-Manik Warna
Subjects: Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 02 Jan 2024 05:41
Last Modified: 02 Jan 2024 05:41
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item