KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI SMK SAKTI GEMOLONG

Salsa Tri Anggita, D0119003 and Pembimbing 1 Drs. H. Donosuko DP. M.Pd., Kons,, NIP/NIDN : 0628015902 and Pembimbing 2 Imam Setyo Nugroho, M.Pd, NIDN. 0624099102 (2023) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI SMK SAKTI GEMOLONG. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI- SALSA TRI ANGGITA (D0119003) - Copy EDIT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI SMK Sakti Gemolong. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, jenis true eksperimental design dengan desain penelitian pre test pos test control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknkik purposive sampling, dimana jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 14 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok (7 siswa kelompok eksperimen dan 7 siswa kelompok kontrol). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, validitas intrumen menggunakan rumus product moment, reliabilitas dengan rumus Cronbach alpha, dan analisis data menggunakn uji t (uji paired sample t-test pada kelompok eksperimen dan uji Wilcoxon pada kelompok kontrol) Berdasarkan analisis data dengan uji paired sample t test pada kelompok eksperimen diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,025 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post tes kelompok eksperimen kelompok, sedangkan hasil uji wilcoxon pada kelompok kontrol diperoleh nilai asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,655 > 0,05, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post tes kelompok kontrol. Berdasarkan hasil pengujian tersebut diketahui bahwa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen yang memperoleh layanan dengan kelompok kontrol yang tidak memperoleh layanan. kelompok eksperimen yang memperoleh layanan mengalami peningkatan yang signifikan sedangkan kelompok kontrol yang tidak memperoleh layanan tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas XI SMK Sakti Gemolong.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Mind Mapping, Perencanaan Karir
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:39
Last Modified: 03 Jan 2024 06:39
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item