ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI KELAS III SD NEGERI NGARUM 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN

IQBAL NURJIHAT, D0317015 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI KELAS III SD NEGERI NGARUM 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI IQBAL edit.pdf

Download (763kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan menulis teks narasi kelas III SD Negeri Ngarum 3 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen? (2). Mengetahui faktor penghambat kemampuan menulis teks narasi III SD Negeri Ngarum 3 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen, dan (3). Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan siswa kelas III Negeri Ngarum 3 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen dalam menulis teks narasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti melaksanakan penelitian ini di SD Negeri Ngarum 3 Ngrampal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD NegeriNgarum 3 Ngrampal. Sumber data diperoleh dari informan yaitu guru kelas III dan siswa kelas III SD Ngarum 3 Ngrampal. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)Kemampuan menulis teks narasi kelas III SD Negeri Ngarum 3 Ngrampal masih kurang baik dan perlu ditingkatkan dalam aspek kesesuaian tema yang diminta, kohesi dan koherensi antar kalimat atau keterpaduan antar paragfraf yang kurang singkron, dan penggunaan ejaan yang kurang tepat. (2) Kendala yang dialami siswa dalam menulis yaitu siswa belum terampil menulis dan masih minimnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan persepsi yang ada di pikiran ke dalam bentuk tulisan. (3) Upayayang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks narasi yaitu guru memberikan bimbingan yang khusus ke siswa yang belum membuat teks narasi dengan baik dengan cara memberikan pendampingan dalam pembelajaran, dan guru menerapkan alat peraga gambar yang menarik untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam menulis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:49
Last Modified: 01 Sep 2023 07:41
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item