PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI SONDAKAN SURAKARTA

MARINA EDELTRUDIS GUNUNG ASSAN, D0318013 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI SONDAKAN SURAKARTA. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI MARINA EDLT G. ASSAN edit.pdf

Download (861kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita menggunakan media gambar siswa kelas III SD Negeri Sondakan Surakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas III SD Negeri Sondakan Surakarta tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes unjuk kerja berupa tes bercerita. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan pedoman penilain tes kemampuan bercerita siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil kinerja guru pada pra siklus rata�rata 2,30 dengan kategori baik pada siklus I rata-rata menjadi 2,90 dengan kategori baik dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 3,65 dengan kategori sangat baik sehingga peningkatan kinerja guru pada pra siklus ke siklus I sebesar 0,6 dan pada siklus I ke siklus II sebesar 0,75. Kedua aktivitas siswa pada pra siklus rata-rata 1,91 pada siklus I rata-rata menjadi 2,70 dan meningkat pada siklus II dengan rata�rata 3,75 sehingga terjadi peningkatan aktivitas siswa pada pra siklus ke siklus I sebesar 0,79 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 1,05. Ketiga kemampuan bercerita siswa mengalami peningkatan melalui penggunaan media gambar. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya nilai kemampuan bercerita dalam aspek pelafalan, intonasi, mimik, dan keruntutan. Pada pra siklus jumlah nilai rata-rata keseluruhan aspek 61,33 meningkat menjadi 71 pada siklus I pertemuan I dan 74,41 pada pertemuan ke II. Siklus II jumlah nilai rata-rata siswa pada pertemuan I 80,16 dan pada pertemuan ke II dengan nilai 85,58 atau masuk kategori mampu.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bercerita, media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 18 Nov 2022 06:21
Last Modified: 01 Sep 2023 07:46
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item