PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR ISLAM AR RAHMAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Giyati, D0320018 (2022) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR ISLAM AR RAHMAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2021-2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi Giyati edit.pdf

Download (178kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah adanya penerapan pendidikan karakter melalui pendidikan jarak jauh yang pada umumnya pendidikan karakter ini dilakukan secara langsung di sekolah dasar. Selain itu metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pembiasaan dalam mendidik karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan pada masa pandemi di Sekolah Dasar Islam Ar Rahman Tasikmadu, Tahun Pelajaran 2021-2022 Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022 hingga bulan Juni 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas I-III dan siswa kelas I-III, sedangkan Informannya adalah orang tua siswa kelas I-III. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan pada masa pandemi di Sekolah Dasar Islam Ar Rahman Tasikmadu, Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan melalui dua pembelajaran yaitu pembiasaan di rumah dengan pantauan guru melalui daring. Kegiatan pembiasaan diantaranya sholat dhuha, dzikir, membaca do’a sebelum belajar, hafalan surah/muraja’ah dan berinfaq atau bershodaqoh. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui kegiatan keagamaan tersebut yaitu nilai religius, mandiri, disiplin, tanggung jawab, dan jujur. Kendala yang dihadapi ialah terbatasnya jarak, perbedaan kondisi orang tua, faktor lingkungan, typology paham keagamaan orang tua, dan berkurangnya semangat siswa dalam melaksanakan kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pendidikan Karakter, Kegiatan Keagamaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 18 Nov 2022 06:37
Last Modified: 01 Sep 2023 07:37
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item