PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SAYANGAN LAWEYAN SURAKARTA

DEVI LINDA KURNIAWATI, D0318011 (2022) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SAYANGAN LAWEYAN SURAKARTA. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI_Devi Linda Kurniawati_D0318011_NEW edit.pdf

Download (541kB)

Abstract

Kecenderungan gaya belajar anak merupakan hal penting dalam keberhasilan belajar anak. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain oleh gaya belajar anak yang bervariasi pada setiap individunya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh Gaya Belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Sayangan Laweyan Surakarta, dan (2) seberapa besar pengaruh Gaya Belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Sayangan Laweyan Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa yang ditentukan menggunakan sampel jenuh. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu gaya belajar siswa, sedangkan variabel dependennya yaitu hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk data gaya belajar, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi untuk data hasil belajar siswa. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Setelah data normal dan linier kemudian dilanjutkan dengan analisis akhir. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear sederhana, koefisien determinasi dan Uji T. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (2,607 > 2,052) maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Persentase sumbangan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V yaitu sebesar 20,1%. Hal ini menunjukkan bahwa 20,1% hasil belajar matematika siswa kelas V dipengaruhi oleh gaya belajar siswa, sedangkan 79,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Hasil belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 18 Nov 2022 06:58
Last Modified: 01 Sep 2023 07:34
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item