PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BAKALAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2021/2022

DEWI WIDIASTUTI, D0318016 (2022) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BAKALAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI DEWI FIKS BANGETTTT edit.pdf

Download (506kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri 02 Bakalan Karanganyar. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan setiap siklusnya yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sejumlah 26 siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, soal tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi sumber. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran matematika merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 02 Bakalan Karanganyar. Hal ini dapat ditunjukkan pada kinerja guru mengalami peningkatan pada prasiklus dengan presentase 55%, siklus I dengan presentase 67,5% dan siklus II dengan presentase 87,5%. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada prasiklus 2,14, siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 2,64, dan pada siklus II aktivitas siswa sebesar 3,49. Dan peningkatan aktivitas belajar siswa berdampak pada hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat sebelum melakukan tindakan dengan presentase ketuntasan 34,62%, siklus I presentase ketuntasan 69,23%, dan siklus II presentase ketuntasan 92,31%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:30
Last Modified: 30 Nov 2022 02:30
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item